Dulu aku kalo makan disuatu resto pasti merasa risih dan ga suka bila si pelayan ato supervisornya menghampiri dan bertanya banyak hal mengenai makanan dan pelayanan mereka pada saat kita masih makan. males gitu loo.. Orang lagi makan sambil ngobrol ma temen2 kok ditanya2, makanannya belom abis pula gimana nilainya. It's distrubing!
Tapi sekarang ga lagi. Aku malah menikmatinya. Kayanya mereka perhatian banget sama kepentingan dan kepuasan kita sebagai penikmat jasa mereka. Aku jadi merasa nyaman dan merasa penting karena aku adalah bagian dari sukses ato ga-nya pelayanan yang mereka berikan. Malah kalo aku makan di suatu tempat yang pelayan sampe supervisornya cuek dan ga ramah, aku bakal males abis2an untuk makan disitu lagi biarpun makanan mereka enak. Aneh yah :).
Sekarang aku menganggap bahwa perhatian yang mereka kasih memang sepatutnya karena itu adalah tugas mereka. jadi ga seharusnya kita merasa jengah dan pelit informasi jika mereka menanyakan hal2 yang menyangkut kepuasan pelanggan. Aku malah akan banyak menanyakan segala sesuatunya dan sibuk memberi masukan2 yang aku anggap worthed untuk mereka karena mereka sudah berusaha menjamu aku sebaik2nya.
Mereka ga rugi lagi dengan melayani pelanggannya sebaik mungkin, karena kalo pelanggan puas bisa jadi ini adalah merupakan image yang mereka tanamkan kepada setiap pelanggannya untuk balik dan balik lagi. Dan ga menutup kemungkinan kalo si pelanggan memberikan "iklan" gratis kepada teman2nya secara berantai untuk resto tersebut.
Customer Satisfaction... kalo udah puas, Loyal... dan merasa terikat bisa jadi secara ga langsung sebagai marketing mereka... mungkin mulai dari word of mouth sampe buzz words...
ReplyDeleteSelamat De... udah merasa bagian dari tempat tersebut... berarti mereka berhasil untuk mengikat satu pelanggan... :D
"puas beritahu teman, kecewa beritahu kami", begitu yang biasa berlaku di restoran padang. :)) *gak nyambung ya?*
ReplyDelete